SOAL UAS/PAS Bahasa Indonesia SMK Kelas XI
Pilihlah salah
satu jawaban yang Anda anggap benar dengan cara memberi tanda silang pada huruf
A, B, C, D, atau E di lembar jawab yang tersedia!
1.
Kutipan
isi proposal:
“Agar siswa
mampu mengembangkan kemampuan menulis, khususnya dalam bidang jurnalistik.”
Kutipan tersebut
berasal dari bagian….
A. Tema
|
|
B. Tujian
|
|
C. Latar belakang
D. Peserta
E. Anggaran
|
2.
Berikut
bukan merupakan tujuan dibuatnya proposal adalah digunakan…
A.
Sebagai
acuan kegiatan
B.
Sebagai
undangan
C.
Untuk
menyusun rencana kegiatan
D.
Sebagai
acuan untuk dimintakan persetujuan kepada Kepala Sekolah.
E.
Sebagai
acuan untuk perncarian dana.
3.
Memiliki
kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli
terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan, namun sering mereka kurang
terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah, perlu
kiranya diadakan lomba diskusi paneluntuk tingkat SMK se- Jawa Tengah sebagai
wadah bagi siswa untuk berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat….
Penggalan
proposal kegiatan diatas merupakan unsure proposal bagian…
A. Pendahuluan
|
|
B. Sasaran
|
|
C. Tujuan
D. Dasar pemikiran
E. Perkiraan anggaran
|
4.
I.
Membuat surat undangan
II. Membuat
kepanitiaan lomba puisi
III. Menyusun
program kerja
IV. Pelaksanaan
lomba
V. Evaluasi
kerja
Program kegiatan
tersebut adalah langkah dalam mengadakan kegiatan…
A.
Lomba
puisi
B.
Membuat
proposal
C.
Menyusun
kepanitiaan lomba puisi
D.
Menulis
lomba puisi
E.
Membuat
cerpen
5.
I.
Latar Belakang
II. Tujuan
III. Tema
Kegiatan
IV. Peserta
V. Pelaksanaan
Bagian yang
perlu ditambah pada proposal di atas adalah…
A.
Waktu
B.
Tempat
kegiatan
C.
Tanggal
kegiatan
D.
Biaya
kegiatan
E.
Panitia
kegiatan
6.
Cermatilah
sistematika proposal kegiatan berikut
1)
Latar
belakang kegiatan
2)
Susuan
kegiatan
3)
Jadwal
kegiatan
4)
Sasaran
kegiatan
Urutan
yang tepat sistematika proposal kegiatan adalah…
A.
1,5,4,3,dan
2
B.
2,5,4,3
dan 1
C.
3,4,5,2,dan
1
D.
1,5,2,3,dan
4
E.
5,4,3,2,
dan 1
7.
Salah
satu tugas pannitia sebuah acara adalah
membuat proposal. Panitia menyusun proposal saat…
A.
Akan
mengadakan kegiatan
B.
Merencanakan
sebuat kegiatan
C.
Kegiatan
sedang berlangsung
D.
Pertanggung
jawaban kegiatan
E.
Kegiatan
selesai dilaksanakan
8.
Proposal
merupakan rencana kerja yang dibuat denagn tujuan…
A.
Upaya
mempublikasikan eksistensi panitia
B.
Melancarkan
kegiatan agar terlaksana sesuai dengan rencana
C.
Kegiatan
tidak melenceng dari rencana
D.
Memohon
perhatian pihak-pihak terkait
E.
Sarana
untuk menarik simpati sponsor
9.
Penyajian
penelitian berupa kumpulan data yang disusun dengan klasifikasi menurut baris
dan kolom disebut…
A.
Tabel
B.
Grafik
C.
Bagan
D.
Denah
E.
Diagram
10.
Berikut
hal yang dilakukan peneliti sebelum data penelitian dianalisis, kecuali…
A.
Pemilihan
data
B.
Penyusunan
data
C.
Klasifikasi
data
D.
Tabulasi
data
E.
Kantong
data
11.
Judul
karya tulis:
Menggali potensi
dari untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan judul
yang tepat adalah…
A.
Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri.
B.
Menggali
Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
C.
Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
D.
Menggali
potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
E.
Menggali
Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
12.
Hal
yang harus diperhatikan dalam menulis tanggapan terhadap hasil penelitian
adalah…
A.
Kejelasan
isi tanggapan
B.
Kebenara
isi tanggapan
C.
Menggunakan
bahasa tidak baku
D.
Keluaran
dan kedalaman tanggapan
E.
Kesesuaian
antara tanggapan dengan permasalahan yang dihadapi
13.
Penulisan
makalah dilakukan tiga tahap, yaitu…
A.
Penyempurnaan
atau revisi, penulisan, perencanaan
B.
Penulisan,
perencanaan, penyempurnaan atau revisi
C.
Penyempurnaan
atau revisi, perencanaan, penulisan
D.
Perencanaan,
penulisan, penyempurnaan atau revisi
E.
Penulisan,
penyempurnaan atau revisi, peremcanaan
14.
Perhatikan
unsure-unsur karya tulis berikut1
1)
Latar
belakang
2)
Pendahuluan
3)
Kesimpulan
4)
Tujuan
5)
Pembahasan
Sistematika
yang tepat undur-unsur karya tulis diatas adalah…
A.
1,2,3,4,dan
5
B.
2,3,4,5
dan 1
C.
3,4,5,1
dan 2
D.
2,1,4,5,
dan 3
E.
1,3,5,2,
dan 4
15.
Bahasa
yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian hendaknya memilikin
cirri-ciri berikut, yaitu…
A.
Bersifat
ilmiah, subjektif, lugas
B.
Bersifat
ilmiah, denotative, tanpa prasangka
C.
Bermakna
ilmiah, denotative, subjektif
D.
Bermakna
konotatif, lugas, tanpa prasangka
E.
Bermakna
denotative, lugas, subjektif
16.
Faktor
yang menentukan penelitian memperoleh data yang baik dalam pelaksanaan
penelitian adalah…
A.
Memahami
pedoman kerja
B.
Memahami
lokasi penelitian
C.
Menanggapi
sesuatu yang menunjang penelitian
D.
Mengetahui
alat yang digunakan
E.
Memahamihasil
penelitian orang
17.
Untuk
menghindari kesimpangsiuran pengertian dan mempermudah analisis data,
pembahasan dalam makalahini penulis dibatasi pada objek rumah tangga nelayan
tradisional. Rumah tangga yang membudidayakan ikan di kolam karamba, dan tambak
tidak penulis bahas.
Penggalan
tulisan di atas merupakan bagian dari…
A.
Latar
belakang penelitian
B.
Rumusan
penelitian
C.
Rung
lingkup penelitian
D.
Manfaat
penelitian
E.
Metode
penelitian
18.
(1)
menggumpulkan informasi dan data
(2)
mengembangkan kerangka menjdi karangan
(3) menetapkan
tema
(4) menyusun
kerangka karangan
(5) menentukan
tujuan penulisan
Langkah-langkah
mengarang yang benar adaahdengan urutan sebagai berikut…
A.
1,2,3,4,5
B.
3,5,1,4,2
C.
2,4,1,3,5
D.
5,2,3,4,1
E.
4,3,1,5,2
19.
Cermatilah
topik berikut!
Topik :
mengantisipasi pengaruh negatif
mewabahnya warnet
Rumusan masalah
yang tepat untuk topik tersebut adalah…
A.
Bagaimanakah
pengaruh negatif mewabahnya warnet?
B.
Bagaimana
cara mengatasi pengaruh negatif mewabahnya warnet?
C.
Apakah
pengaruh mewabahnya warnet?
D.
Apakah
ada cara mengantisipasi pengaruh negatif mewabahnya warnet?
E.
Siapa
yang mengantisipasi pengaruh negatif mewabahnya warnet?
20.
Bacalah
kutipan karya tulis berikut ini!
Penelitian ini
mengetengaahkan masalah yang berkaitan dengan peran remaja dalam menciptakan
kamtipnas. Secara umum, pelajar merupakan bagian dalam masyarakat. Kenakalan
remaja saat ini tidak boleh dianggap sebelah
mata. Oleh karena itu, pelajar tidak mungkin terlepas dari tanggung jawab
dalam kamtibnas, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Makna lugas
untuk mengganti kelompok kata yang tercetak miring dalam kutipan di atas adalah…
A.
Kecil
B.
Umum
C.
Sepele
D.
Rawan
E.
Apatis
21.
Cermatilah
penggalan resensi novel berikut!
Seting inilah ,
menurut budayawan Bakdi Sumanto dalam kata pengantarnya, yang kemudian menjadi
unsur pokok pencipta suasana, yang bergerak, berkembang secara dinamis dalam
keseluruhan cerita. Bahkan dengan tidak sungkan Bakdi menilai karya Ngarto
Februana sebagai karya yang kelak cukup menggetarkan. Karenanya, adalah hak
jika karya tersebut memperoleh kesempatan dipublikasikan dan ditanggapi (hal
ii)
Dalam penggalan
resensi di ats resensator mengungkapkan …..novel.
A.
Kepengarangan
B.
Kelemahan
C.
Keunggulan
D.
Identitas
E.
Latar
pengarang
22.
Nama
kumpulan cerpen A.A Navis diambil dari salah satu cerpen di dalamnya. Cerpen
ini mengisahkan seorang pemelukm agama yang sangat taat dalam menjalankan
ibadah keagamaannya. Namun, ketaatannya tidak diimbangi dengan kewajiban
duniawinya. Kekeliruannya dalam memahami agama yang digambarkan oleh pengarang
dalam bentuk dialog di akhirat antara orang-orang yang meninggal dengan tuhan.
Penggalan
resensi tersebut terdapat dalam unsur….
A.
Judul
B.
Pendahuluan
C.
Identitas
buku
D.
Isi
resensi
E.
Penutup
23.
Bacalah
paragraf berikut!
Novel Saman
karya Ayu Utami dikenal segelintir orang di Jerman. Buku tersebut direspons
dalam bentuk resensi. Di beberapa media di Jerman, buku ini dikankan oleh
penerbitnya, Ayu Utami dalam bukunya digambarkan bukan hanya sebagai
pemberontak terhadap nilai-nilai moral yang kolot, tetapi juga perlawannya di
dunia politik.
Kalimat Tanya
yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas adalah…
A.
Siapakah
Ayu Utami?
B.
Apa
judul novel Ayu Utami yang diterbitkan oleh orang Jerman?
C.
Bagaimana
Ayu Utami dalam tulisannya?
D.
Bagaimana
Ayu Utami bisa ke Jerman?
E.
Siapa
pengarang novel selain Ayu Utami?
24.
Pengarang
amat cermat memberikan gambaran tentang watak. Watak cerita si Teto (anak
kolong yang dilahirkan di Garnius Magelang) yang beringasan dilukiskan dengan kenakalan,
keberanian, kenekatan, sinis, dan sarkastis, tetapi juga romantic. Si Teto,
yang kaya perasaan dan emosi, kecewa dan geram terhadap Belanda yang harus
kalah dan terpaksa kagum kepada pemimpin-pemimpin republik yang dianggapnya
kampungan
Penggalan
resensi novel Burung-Burung Manyar karya Y.B.Mangunwijaya di atas mengulas…
A.
Perwatakan
B.
Tema
C.
Alur
D.
Amanat
E.
Latar
25.
Unsur
yang hanya ada pada resensi buku fiksi adalah…
A.
Identitas
buku
B.
Nama
pengarang
C.
Penokohan
D.
Keunggulan
E.
Kelemahan
26.
Buku
Pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahannya sangat bagus karena
dilengkapi dengan contoh-contoh analisis simbolik maupun hubungan
intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca
untuk memahami puisi.
Kalimat simpulan
yang tepat dalam resensi sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A.
Buku
tersebut wajib kita beli karena isinya sangat bermanfaat
B.
Buku
itu sangat bagus dan sudah dilengkapi dengan pembahasannya
C.
Kita
perlu membaca buku ini walaupun tidak suka dengan puisi
D.
Karena
kita bukan ahli dalam bidang puisi sebaiknya kita membaca buku ini
E.
Buku
ini layak dibaca oleh orang yang ingin mendalai puisi
27.
Perhatikan
penggalan resensi berikut ini!
Kelima
belas cerpen dalam buku ini dibagi ke dalam tiga subbab “Siang”,”Malam”, dan
“Pagi”, yang mencerminkan cerpen-cerpen Lang Fang yang memang selalu
memnggambarkan suasana waktu,
Masing-masing subbab tersebut dihiasi oleh puisi-puisi berbahasa Ingris yang
ditulis Lang Fang, kecuali puisi pada bab “Malam”yang ditulis oleh Hendry van
Duke. Semua cerpen tersebut ditulis dengan gaya Lang Fang yang khas,
kisah-kisah cintanya beragam, kadang cerpen-cerpennya teragkai dengan
kalimat-kalimat indah. Hal ini membuat buku ini kaya akan cerita cinta dan
ragam dalam gaya penuturannya.
Hal
yang diungkapkan dalam penggalan resensi dalam penggalan resensi kumpulan
cerpen di atas adalah…
A.
Kepengarangan
B.
Synopsis
cerita
C.
Gaya
bercerita
D.
Kelebihan
buku
E.
Kelemahan
buku
28.
Cermatilah
resensi berikut!
Perhelatan
bisa kacau tanpa kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar
lantaran racikan bumbu tidak meresap ke dalam daging. Kuah gulai kentang dan
gulai rebung bakal encer karena keliru menakar jumlah kelapa parut sehingga
setiap menu masakan kekurangan santan. Akibatnya, berserakan dan cela yang
mesti ditanggung tuan rumah.
Bukan
karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan tempat besandingnya
pasangan pengantin tak sedap dipandang mata, tetapi karena macam-macam
hidangan yang tersuguh tak mengundang selera. Nasi banyak gulai melimpah,
tetapi helat tak bikin kenyang. Ini celakanya bila Makaji, jurumasak handal
itu tidak dilibatkan.
Juru Masak oleh Damhuri Muhammad
|
Kalimat
(resensi) menyatakan keunggulan cerpen berdasarkan kutipan sastra tersebut
adalah…
A.
Pendeskripsian
suasana dalam cerpen disajikan dengan bahasa yang sederhna dan sangat biasa
B.
Diksi
yang digunakan dalam cerpen banyak menggunakan kata kias sehingga kesannya
lebih dalam
C.
Tidak
ada kesulitan yang dirasakan sewaktu membaca cerpen ini sehingga dapat maju
terus membacanya
D.
Kemenarikan
cerpen ini karena menyuguhkan adat tradisional berupa makanan khas pada saat
pesta perkawinan
E.
Resep
masakan yang dijeaskan dalam cerpen dapat mengispirasi untuk mencoba sendiri
29.
Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Cara menutup
cerita membuat pembaca mengulang kembali agar dapat mengerti dan menikmati
cerita yang disampaikan. Pembaca bertanya-tanya tentang akhir cerita
selanjutnya. Banyaknya bahasa Melayu dan bahsa Belanda yang digunakan membuat
pembaca tidak mengerti. Pemakaian ungkapan dan kiasan dalam kalimat menjadikan
cerita agak terasa berat. Untuk dapat memahami cerita ini pembaca terpaksa
berpikir lebih dalam.
Kalimat resensi
yang menyatakan kelemahan novel dalam petikan tersebut adalah…
A.
Perlu
pemikiran dan konsentrasi untuk memahami cerita
B.
Ungkapan
yang sering digunakan menjenuhkan pembaca.
C.
Cerita
kurang dapat dipahami karena jalan ceritanya tidak jelas
D.
Terdapatnya
bahasa yang kurang dipahami pada masa kini.
E.
Cerita
ini perlu berkali-kali dibaca untuk dapat memahaminya.
30.
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
Kritik sosial
menjadi tema dalam buku kumpulan cerpen”Perang Dingin”ini. Masalah antara
penguasa dan rakyatmenjadi konflik yang dialami oleh tokoh dalam cerpen-cerpen
karya Aji Gustia. Peristiwa getir yang dihadapi rakyat dalam melawan penguasa digambarkan
dengan penuh emosi oleh pengarang. Pengarang memang sangat lihai dalam
mengkritisi keadaan sosial negeri ini dan menuangkannya ke dalam cerpen-cerpen
yang sering mendapatkan pujian dari pembaca.
Selain tema,
unsur cerita yang dibahas di dalam penggaan resensi tersebut adalah…
A.
Sudut
pandang
B.
Gaya
bahasa
C.
Latar
D.
Nilai
cerita
E.
Konflik
31.
Cermatilah
dialog berikut!
Iwan
|
:
|
Saya
rasa masalah ini perlu kita bicarakan sekarang juga.
|
Uli
|
:
|
Iya.
Kita tidak boleh berdiam diri saja. Masalah ini terjadi karena kita
|
Iwan
|
:
|
Bernar
juga. Ada baiknya kita bicara sebenarnya. Kalau kita tidak bicara Iman yang
akan terus disalahkan
|
Uli
|
:
|
Kita
tidak boleh […]
|
Iwan
|
:
|
Kita
harus terus terang dan bertanggungjawab atas apa yang telah kita lakukan.
|
Peribahasa yang tepat
untukmmelengkapi bagian yang rumpang dalam dialog tersebut adalah..
A.
Mencari
jejak dalam air
B.
Ada
udang dibalik batu
C.
Lempar
batu sembunyi tangan
D.
Menahan
jerat di tempat genting
E.
Kura-kura
hendak memanjat kayu
32.
Cermati
penggalan dialog berikut!
Jeni
|
:
|
Alhamdulilah
Ya Alloh…
Dengan
uang ini saya bisa membeli obat dan sedikit beras di warung untuk dibawa
pulang
|
Sampai
di rumah
|
||
Jeni
|
:
|
Assalamu’alaikum..bu,
Jeni pulang
|
Ibu
Hapsah
|
:
|
Walaikunu’salam.
Jeni habis dari mana?
|
Jeni
|
:
|
Dari
rumah pak Samir. Jeni bantu Pak Samir beri makan sapi-sapinya dan Jeni diberi
uang terus uangnya Jeni beli obat dan beras. Ini beras sama sisa kembaliannya
|
Ibu
Hapsah
|
:
|
Terima
kasih, nak. Kamu memang anak yang baik. […]
|
Jeni
|
:
|
Ibu,
ternyata Pak Samir itu dermawan y. tadi Jeni dikasih uang Rp.50.000,00
padahal Jeni hanya bantu beri makan sapi-sapinya saja.
|
Petunjuk laku
yang sesuai untuk melengkapi penggalan drama tersebut adalah…
A.
Dengan
gembira
B.
Sambil
tersenyum gembira
C.
Dengan
ceria
D.
Sambil
menahan sakit
E.
Dengan
perasaan haru
33.
Wayan
|
:
|
Kalau
tak salah seperti ada yang berteriak…
|
Gusti
Biang
|
:
|
Tua
bangka, ke mana saja kau tadi, kenapa baru datang?
|
Wayan
|
:
|
Tiyang
ketiduran di gudang
|
Nilai ajaran
yang terkandung dalam kutipan drama itu adalah…
A.
Orang
yang lebih kaya berhak mendominasi orang yang lebih miskin
B.
Seseorang
diperkenankan menyuruh
C.
Seseorang
diperkenankan menyuruh asalkan memberikan upah layak
D.
Orang
lemah sudah sewajarnya dikendalikan oleh orang-orang berpengaruh
E.
Sepanjang
tidak melakukan aksi kekerasan, gertakan ada kalanya diperlukan agar orang
menjadi disiplin.
34.
.
Madi
|
:
|
Kenapa
kamu harus menghindar?ini kesempatan emas buatmu menunjukan kepandaian yang
selama ini kau sembunyikan?
|
Sita
|
:
|
Susah,
Di. Aku kikuk. Oke aku jago dalam konsep, pemikiran. Tapi aku tidak memiliki
percaya diri buat mempresentasikan ide ini.
|
Watak Sita dalam
penggalan darama itu adalah…
A.
Pemalu
B.
Egois
C.
Pemalas
D.
Pemarah
E.
Bijaksana
35.
.
Agus
|
:
|
Tak
sepantasnya kita bolos. Ini harus dihentikan. Sudah berapa kali kita tidak
ikut upacara bendera. Ingat tidak betapa pendahulu kita rela mati demi berkibarnya Merah Putih.
|
Lucy
|
:
|
Ah,
teori saja kamu. Itu kan dulu. Buka mata dong, kita hidup di era modern. Era
laptop dan HP kamera. Buat apa kita susah-susah. Enakan kita maen game online
|
Sista
|
:
|
Ah,
aku juga mulai bosan. Tidak ada untungnya membelot. Upacara kan juga demi
mengembangkan kedisiplinan dan cinta tanah air.
|
Kesimpulan dari
darama tersebut adalah…
A.
Tugas
pelajar mengikuti upacara bendera
B.
Pelajar
harus bisa memilah antara kegiatan positif dan negative
C.
Pemuda
zaman revolusi memiliki andil yang berbeda dengan pemuda di zaman sekarang
D.
Upacara
bendera menghindari siswa dari perbuatan tidak terpuji
E.
Upacara
bendera memupuk patriotisme
36.
Perhatikanlah
dialog drama berikut!
Kakek
|
:
|
Beginilah
kalau aku sudah tua, tak ada yng peduli padaku.
|
Nenek
|
:
|
Kalau
sudah tua kerjamu marah-marah melulu, kerjamu ngomel melulu
|
Kakek
|
:
|
Aku
tak akan mengomel kalau ada yang melayaniku
|
Nenek
|
:
|
Memengnya
kau tak melayanimu?anak-anakmu juga melayanimu
|
Febri
|
:
|
Memengnya
Kakek mau apa?semua orang di rumah ini kan saying sama Kakek semuanya juga
melayani Kakek
|
Kakek
|
:
|
Nggak
tau Kakek mau pa, lupa lagi.
|
Dimensi darama
yang tampak pada penggalan di atas sebagai berikut, kecuali…
A.
Dialog
B.
Setting
C.
Penokohan
D.
Konflik
E.
Tema
37.
Dalam
darama atau karya sastra lainnya, tokoh pendukung cerita disebut dengan istilah
tokoh..
A.
Protagonis
B.
Antagonis
C.
Tritagonis
D.
Utama
E.
Pembantu
38.
Judul
drama modern yang cocok dengan kondisi remaja adalah…
A.
Gugurnya
Adipati Karna
B.
Lahirnya
Gatotkaca
C.
Pernikahan
Parta Krama
D.
Gita
Cita Para Pemimpi
E.
Kolusi
di Istana Negara
39.
Berikut ini adalah penggalan resensi atas
karya Umar Kayam Sugihtanpa benda!
Buku ini ditulis
ala glanyengan, yaitu cara penyampaian
secara tak langsung, yang ringan, penuh canda, dan tak nyolot. Suatu cara yang
peka budaya, yang melekat pada kebudayaan tertentu (Jawa)(halaman vii).
Glenyengan baru terasa kekhasan dan daya gunanya jika berlangsung antara
priyayi dan wong cilik (halaman ix), hingga bisa dimaklumat jika peran wong
cilik (para pembantu Pak Ageng) dalam buku ini berarti dalam menghidupkan
kisah/cerita yang dituturkan penulisnya.
Penggalan di
atas membahas masalah…
A.
Peran
wong cilik bagi priyayi
B.
Gaya
Umar Kayam menulis buku
C.
Konsep
glenyengan menurut versi Umar Kayam
D.
Manfaat
buku Umar Kayam ini bagi pembaca
E.
Perbedaan
priyayi masa lalu dengan priyayi masa kini
40.
Bacalah
kutipan resensi berikut dengan seksama!
Pertemuan
Dua Hati, sebuah novel karya N.H.Dini yang diterbitkan oleg Gramedia tahun
1986,bercerita tentang Bu Suci, seorang guru mempunyai murid yang sulit diatur
dan sering membuat kekacauan di sekolah. Bu Suci bertekat untuk mengembalikan
Washito, si anak begal menjadi murid yang wajar. Namun, ia mendapat masalah
lain dari anaknya sendiri yang gernyata mengidap penyakit ayan. Dengan segala
usahanya, akhirnya pad akhir tahun ajaran, Washito naik kelas san menjadi siswa
yang baik. Anak Bu Suci pun memperlihatkan tanda-tanda kesembuhan dan semakin
membaik.
Kalimat resensi
yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah…
A.
Dalam
novel Pertemuan Dua Hati karya N.H. Dini memperlihatkan persoalan dunia
pendidikan
B.
N.H.
Dini dalam novel ini memberikan gambaran terhadap dunia pendidikan di Indonesia
C.
Seorang
guru ideal nampak pada tokoh Bu Suci dalam novel Pertemuan Dua Hati karya N.H.
Dini
D.
Tema
novel ini memperhatikan kekuatannya untuk menjadi acuan bagi orang tua.
E.
Novel
ini hendak memberitahukan bahwa tugas mendidik siswa tidaklah mudah.
B. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
41.
Sebutkan
hal-hal yang dituliskan dalam proposal!
42.
Jelaskan
ketentuan penulisan catatan kaki!
43.
Sebutkan
langkah-langkah menulis karya tulis!
44.
Sebutkan
hal-hal yang harus ada dalam sebuah resensi!
45.
Penokohan
dalam drama ada tiga. Sebutkan dan jelaskan!
0 Response to "SOAL UAS/PAS Bahasa Indonesia SMK Kelas XI"
Post a Comment