Soal UAS Bahasa Indonesia SMK Kelas X
Pilihlah salah satu jawaban yang
Anda anggap benar dengan cara memberi tanda silang pada huruf A, B, C, D, atau
E di lembar jawab yang tersedia!
1.
Berikut
yang termasuk struktur teks negosiasi adalah ….
A.
Orientasi,
pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup
B.
Organisasi,
pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup
C.
Orientasi,
penawaran, persetujuan, penutup
D.
Orientasi,
pengajuan, persetujuan, penutup
E.
Orientasi,
pengajuan, penawaran, penutup
2. Cermati dialog berikut!
Penjual : “Selamat pagi, Bu?”
Pembeli : “Selamat pagi.”
Penjual : “Mau beli apa?”
Dialog
di atas termasuk ke dalam struktur ….
A. Orientasi
B.
Permintaan
C.
Pengajuan
D.
Penawaran
E.
Persetujuan
3. Cermati kalimat berikut!
Pembeli: “100
ribu kemahalan, Bu. 75 ribu saja, ya? Saya beli dua baju, Bu.”
Dalam kegiatan
jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur ….
A.
Permintaan
B.
Pengajuan
C.
Penawaran
D.
Persetujuan
E.
Penutup
4.
Berikut
yang merupakan contoh negosiasi adalah ….
A.
Seminar
B.
Pidato
C.
Lobi
antarpartai
D.
Debat
E.
Ceramah
5.
Cermati
dialog berikut!
1. Anak :
“Ayah, setelah lulus nanti, aku mau sekolah di SMA.”
2. Ayah :
“Kenapa di SMA, Nak? Padahal Ayah ingin kamu sekolah di SMK.”
3. Anak :
“Kok di SMK? Memangnya kenapa Yah, jika aku sekolah di SMK?”
4. Ayah :
“Begini, Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung kerja.”
5. Anak :
“Oh, gitu ya, iya aku setuju.”
6. Ayah :
“Baguslah kalau kamu setuju.”
Dialog yang
menunjukkan penawaran ditunjukkan nomor ….
A.
1,
2, 3, 4
B.
1,
2, 3, 5
C.
2,
3, 4, 5
D.
2,
3, 4
E.
2,
3, 5
6. Cermati kalimat berikut!
Penjual : “Baiklah. Itung-itung membuka
pelanggan baru.”
Kalimat tersebut
termasuk ke dalam struktur ….
A.
Orientasi
B.
Pengajuan
C.
Penawaran
D.
Persetujuan
E.
Penutup
7. Cermati dialog berikut!
Penjual : “Naikin dikit, Nak. 250 ribu saya
lepas sepatu ini.”
Berdasarkan
unsur kaidah negosiasi, dialog tersebut tergolong bagian ….
A.
Berakhir
sepakat
B.
Berakhir
tidak sepakat
C.
Tukar-menukar
D.
Tawar-menawar
E.
Mengandung
konflik
8.
Bacalah
pernyataan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 8 dan 9!
Saya percaya
bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya karena ponsel dapat menyebabkan
beberapa masalah dan ancaman bagi kehidupan manusia. Ancaman tersebut adalah
ponsel berbahaya bagi keselamatan pengguna dan kehidupan sosial keluarga.
Dalam struktur
debat, pernyataan tersebut termasuk dalam bagian ….
A.
Pengantar
B.
Argumen
C.
Simpulan
D.
Penutup
E.
Saran
9. Isu yang ditampilkan dalam pernyataan
tersebut adalah ….
A. Pembuatan ponsel
B. Membeli ponsel
C. Cara pemanfaatan ponsel
D. Manusia tidak boleh menggunakan ponsel
E. Ponsel tidak memiliki manfaat
10.
Bacalah
pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Saya
tidak sependapat dengan pernyataan Anda, karena dalam pelaksanaan UN setiap
tahun selalu terdapat masalah dan hasil nilai UN tidak menjamin keberhasilan
suatu pendidikan. Apa hasil UN juga berlaku untuk siswa lulusan Rintisan
Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)? Tidak kan? Meskipun tidak lulus UN,
mereka masih bisa mendaftar kuliah di luar negeri.
Berdasarkan
kaidah kebahasaan, pronomina pada pernyataan tersebut adalah ….
A. Karena, dan
B. Tidak, untuk
C. Saya, mereka
D. Bisa, meskipun
E. Dalam, dan
11. Berdasarkan kaidah kebahasaan, konjungsi
pada pernyataan tersebut adalah ….
A. Dan, meskipun
B. Dalam, apa
C. Masih, mereka
D. Untuk, siswa
E. Selalu, hasil
12.
Bacalah
pernyataan berikut dengan cermat!
Menurut saya,
Matematika adalah sumber segala ilmu. Ilmu sains seperti Kimia dan Fisika,
bahkan pelajaran memasak sekalipun membutuhkan perhitungan Matematika.
Pilihan kata
(diksi) pada pernyataan tersebut adalah ….
A.
Ilmu
B.
Sains
C.
Bahkan
D.
Membutuhkan
E.
Matematika
13.
Topik
atau judul perdebatan yang akan diargumentasikan disebut ….
A.
Opsi
B.
Oposisi
C.
Matter
D.
Manner
E.
Mosi
14.
Salah
satu contoh isi debat yang berkaitan dengan lingkungan hidup adalah ….
A.
Ketergantungan
negara terhadap impor.
B.
Kekurangan
sarana dan prasarana olahraga menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang
olahraga.
C.
Pentingnya
mengikuti ekstrakurikuler siswa.
D.
Fenomena
kehadiran ojek online di lingkungan masyarakat.
E.
Penambangan
ilegal dapat memengaruhi ekosistem kehidupan laut.
15.
Bacalah
pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
Peserta 3: Apa
yang disampaikan oleh Bapak Ivan adalah hal yang sangat ideal dan hanya bisa
dikerjakan di sekolah-sekolah di perkotaan dengan sumber daya yang memadai.
Apakah adil menggunakan UN sebagai standar kelulusan pada institusi pendidikan
yang ada di daerah-daerah terpencil dengan sumber daya yang minim? Masih
adilkah menggunakan UN sebagai standar kelulusan, sebab faktanya terjadi
kesenjangan sumber daya antara institusi pendidikan di kota dan di daerah.
Mosi yang
ditampilkan dalam pernyataan tersebut adalah ….
A.
Masih
Efektifkah Ujian Nasional
B.
Pelaksanaan
Ujian Nasional
C.
Carut-marut
Ujian Nasional
D.
Standarisasi
Mutu melalui Ujian Nasional
E.
Penghapusan
Ujian Nasional
16.
Berdasarkan
pernyataan di atas, tanggapan peserta 3 terhadap pelaksanaan Ujian Nasional
adalah ….
A.
Setuju
dengan pelaksanaan UN
B.
Kurang
setuju dengan pelaksanaan UN
C.
Menginginkan
penghapusan UN
D.
Menginginkan
UN tidak dijadikan standar kelulusan
E.
Keberatan
dengan adanya UN, namun tetap mengikuti pelaksanaannya
17.
Argumen
1: Subsidi BBM masih perlu bagi masyarakat
Argumen 2:
Subsidi BBM tidak perlu bagi masyarakat
Argumen 3:
Subsidi BBM hanya perlu bagi masyarakat menengah ke bawah
Berdasarkan
argumen di atas, simpulan yang tepat untuk melengkapi debat adalah ….
A.
Subsidi
BBM masih perlu bagi masyarakat
B.
Subsidi
BBM tidak perlu bagi masyarakat
C.
Subsidi
BBM hanya perlu bagi masyarakatmenengah ke bawah
D.
Subsidi
BBM masih perlu bagi masyarakat atau subsidi BBM tidak perlu bagi masyarakat
E.
Subsidi
BBM masih perlu bagi masyarakat menengah ke bawah atau subsidi BBM tidak perlu
bagi masyarakat menengah ke atas.
18.
Catatan
riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain disebut ….
A.
biografi
B.
autobiografi
C.
catatan
kaki
D.
catatan
kepala
E.
daftar
pustaka
19.
Biografi
yang ditulis oleh seseorang melalui tahapan wawancara, riset, dan lainnya
disebut ….
A.
politik
B.
jurnalistik
C.
intelektual
D.
perjalanan
karier
E.
perjalanan
hidup
20.
Bacalah biografi berikut!
1)
Chairil
Anwar dilahirkan di Medan, Sumatera Utara pada 26 Juli 1922. 2) Ia merupakan
anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha.3) Jabatan terakhir
ayahnya adalah sebagai Bupati Inderagiri, Riau. Ia masih punya pertalian
keluarga dengan Soetan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia. 4) Sebagai
anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. 5) Namun, Chairil cenderung
bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun, sedikit cerminan
dari kepribadian orang tuanya.
|
Pernyataan yang
tepat berdasarkan biografi tersebut adalah ….
A.
Chairil
Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1923.
B.
Chairil
Anwar merupakan anak pertama dari dua bersaudara.
C.
Ayah
Chairil Anwar pernah menjabat sebagai bupati di Medan.
D.
Chairil
Anwar memiliki pertalian saudara dengan Sutan Takdir Alisjahbana.
E.
Chairil
Anwar mewarisi kepribadian orang tuanya.
21.
Cuplikan
teks biografi tersebut termasuk dalam struktur teks ….
A.
orientasi
B.
orientasi
awal
C.
peristiwa
D.
masalah
E.
reorientasi
22.
Berikut
struktur teks biografi yang tepat adalah ….
A.
orientasi,
peristiwa, reorientasi
B.
orientasi,
peristiwa, reorganisasi
C.
orientasi,
masalah, representasi
D.
organisasi,
peristiwa, reorientasi
E.
organisasi,
masalah, representasi
Cermati
teks berikut untuk menjawab soal nomor 23 dan 24!
Mohammad
Hatta pertama kali mengenyam pendidikan formal di sekolah swasta. Setelah
enam bulan, ia pindah ke sekolah rakyat. Namun, pelajarannya terhenti pada
pertengahan semester kelas tiga. Ia lalu pindah ke ELS (Europeesche Lagere School, SD pada masa kolonial Belanda) di
Padang sampai tahun 1913, kemudian melanjutkan ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs, SMP pada masa kolonial Belanda)
sampai tahun 1917. Selain pengetahuan umum, ia telah ditempa ilmu-ilmu agama
sejak kecil. Ia pernah belajar agama kepada Muhammad Jamil Jambek, Abdullah
Ahmad, dan beberapa ulama lainnya.
|
23.
Kata
ganti yang merujuk kepada Mohammad Hatta dalam teks tersebut adalah ….
A.
setelah
B.
pada
C.
dan,
di
D.
telah,
-nya
E.
ia,-nya
24.
Hal
yang patut diteladani dari tokoh sesuai kutipan biografi tersebut adalah ….
A.
aktif
berorganisasi
B.
semangat
belajar dan menuntut ilmu
C.
aktif
bermasysrakat
D.
tokoh
pahlawan
E.
tidak
berjiwa sosial
Cermati
teks berikut untukmenjawab soal nomor 25 dan 26!
Lusi
Fransiska Susi Susanti adalah salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik
yang pernah dimiliki Indonesia. Perempuan kelahiran Tasikmalaya ini menyukai
permainan bulu tangkis sejak duduk di bangku SD. Karena dukungan orang
tuanya, ia pun memulai karier bulu tangkis diklub milik pamannya, PB Tunas
Tasikmalaya. Setelah berlatih selama 7
tahun di sana dan memenangkan kejuaraan bulu tangkis tingkat junior pada
1985. Ketika Susi menginjak kelas 2 SMP, ia pindah ke Jakarta untuk lebih
serius menjalani dunia bulu tangkis.
|
25.
Tokoh
dalam biografi tersebut tergolong pahlawan dalam bidang ….
A.
pendidikan
B.
kebudayaan
C.
pariwisata
D.
olahraga
E.
sosial
26.
Analisis
waktu yang terdapat dalam teks tersebut adalah ….
A.
pada
1985
B.
PB
Tunas Tasikmalaya
C.
pernah
dimiliki Indonesia
D.
salah
satu pemain bulu tangkis terbaik
E.
menyukai
permainan bulu tangkis sejak duduk di bangku SD
27.
Langkah
awal dalam menyusun teks biografi adalah ….
A.
memilih
judul
B.
menyusun
draf
C.
mencari
sumber
D.
memilih
referensi
E.
mengembangkan
tulisan
28.
Karya
sastra yang padat, singkat, dengan gaya bahasa imajinatif yang disusun
berdasarkan struktur lahir dan batinnya adalah ….
A.
cerpen
B.
novel
C.
roman
D.
anekdot
E.
puisi
29.
Cermati
puisi berikut!
Air
Kemudian, di
punggungmu
kami jadi
perahu, diayunkan
riak, di bawah
kepak gagak
O, siapa pun
biarkan kami
tenggelam
biar ikan-ikan
tak kelaparan
Perasaan
penyair yang tertuang dalam puisi tersebut adalah ….
A.
kebahagiaan
B.
kesendirian
C.
kesigapan
D.
kepasrahan
E.
keramaian
30.
Cermati
puisi berikut!
Anak
dan ayah
Ia terbangun
tengah malam, mengambil air minum, dan terganggu
oleh tangisan
seorang anak yang terpisah dari ayahnya
yang tadi ia
temui dalam mimpinya
Ia bertemu
dengan ayah yang mencari
anaknya dalam
mimpinya
sebelum ia
terbangun, di pagi hari
dan berangkat
kerja ke kantor
pada jam
istirahat,
Ia bercerita dan
bertanya kepadaku
bagaimana
caranya mempertemukan
anak dan ayah
yang ia temui
dalam dua mimpi
yang berbeda malam tadi
Unsur
fisik yang terdapat dalam puisi tersebut adalah ….
A.
rima
B.
tema
C.
nada
D.
amanat
E.
pengimajian
31.
Unsur
yang menonjol dalam puisi tersebut adalah ….
A.
rima
B.
tema
C.
nada
D.
amanat
E.
gaya
bahasa
32.
Cermati
puisi berikut!
….
Tuhanku
aku hilang
bentuk
remuk
Tuhanku
aku mengembara
di negeri asing
(Chairil Anwar)
Suasana
yang digambarkan dalam puisi di atas adalah ….
A.
suasana
duka
B.
suasanan
hati yang bimbang
C.
kecelakaan
seseorang
D.
ketidaktahuan
jalan ke negeri asing
E.
keinginan
untuk merantau
33.
Pesan
yang disampaikan pada penggalan puisi di atas adalah ….
A.
agar
kita pasrah kepadaTuhan
B.
agar
kita mengembara
C.
agar
kita ke negeri asing
D.
agar
kita berdo’a
E.
agar
kita tidak berputus asa
34.
Cermati
puisi berikut!
Nisan
Dengan patuh kau
tempuh jentera hati
dari masyriki
sampai maghribi
Tiba di jalan
buntu, tak ayal lagi
Liang lahat dan
nisanmu sendiri
Telah kau ukur
hidup, cuma sampai di situ
Di seberang sana
bukan lagi daerahmu
Unsur
batin yang dominan pada penggalan puisi di atas adalah ….
A.
tema
B.
nada
C.
perasaan
D.
suasana
E.
amanat
35.
Makna
ungkapan “cuma sampai di situ” dalam puisi di atas adalah ….
A.
tak
terbatas
B.
panjang
umur
C.
meninggal
dunia
D.
tidak
memiliki kerabat
E.
tidak
memiliki tempat tinggal
36.
Cermati
puisi berikut!
Denting jam tengah malam
[…]
Tuk bersujud
Kuagungkan Asma-Mu
Mohon ampunan-Mu
[…]
Tuk bersujud
Kuagungkan Asma-Mu
Mohon ampunan-Mu
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Bangunkan diriku
B. Terdengar nyaring
C. Kusebut nama-Mu
D. Tepat pukul tiga
E. Angin berbisik
37. Unsur fisik yang
dominan dalam penggalan puisi di atas adalah ….
A. tipografi
B. diksi
C. imaji
D. nada
E. rima
38. Cermati puisi
berikut!
Daun
kering gugur
Tanah kerontang
Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan
Tanah kerontang
Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut
adalah ....
A.
Batu kerikil
B.
Awan datang
C.
Langit cerah
D.
Air hujan
E.
Padang ilalang
39. Majas yang terdapat dalam penggalan
puisi di atas adalah ….
A. personifikasi
B. metafora
C. metonimia
D. hiperbola
E. pleonasme
40.
Cermati
puisi berikut!
Hampa
Sepi di luar
Sepi menekan mendesak
Lurus kaku pohonan
Tak bergerak
Sampai ke puncak
Sepi memagut
Segala menanti, menanti, menanti
Sepi
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat mencekung punda
Sampai binasa segala
Sepi di luar
Sepi menekan mendesak
Lurus kaku pohonan
Tak bergerak
Sampai ke puncak
Sepi memagut
Segala menanti, menanti, menanti
Sepi
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat mencekung punda
Sampai binasa segala
Belum apa-apa
( Chairil Anwar)
( Chairil Anwar)
Amanat yang tepat dalam puisi tersebut adalah . . . .
A. Hendaknya jangan
membuat seseorang harus menunggu
B. Menunggu adalah
pekerjaan yang sangat membosankan
C. Menunggu adalah
pekerjaan yang menyedihkan manusia
D. Hendaknya seseorang
menghindari kebiasaan menunggu
E. Hendaknya segala sesuatu tetap ditunggu
waktunya
B. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Buatlah
sebuah dialog singkat yang berisi negosiasi!
2.
Buatlah
3 contoh kalimat sanggahan yang santun dalam debat!
3.
Perhatikan
teks biografi singkat berikut!
Bacharuddin Jusuf
Habibie
Presiden ketiga
Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan
bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini
Puspowardojo. Dari hasil pernikahannya dengan Hasri Ainun Habibie pada
tanggal 12 Mei 1962, Habibie dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan
Thareq Kemal.
Di SMA, beliau mulai
tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta.
Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya. Setelah
tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di
Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische
Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor
dari tempat yang sama tahun 1965. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan
(Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung.
Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat summa cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia. |
Analisislah
teks biografi di atas dari segi kebahasaan!
4.
Tulislah
hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks di atas!
5.
Perhatikan
puisi berikut!
Aku
Kalau sampai
waktuku
Kumau tak
seorang kan merayu
tidak juga kau
tak perlu sedu
sedan itu
aku ini binatang
jalang
dari kumpulannya
terbuang
biar peluru
menembus kulitku
aku tetap
meradang menerjang
luka dan bisa
kubawa berlari
berlari
hingga hilang
pedih peri
dan aku akan
lebih tidak peduli
aku mau hidup
seribu tahun lagi
(Chairil Anwar)
Analisislah
puisi di atas berdasarkan unsur batinnya (tema, perasaan, nada, amanat)!
0 Response to "Soal UAS Bahasa Indonesia SMK Kelas X"
Post a Comment