Makalah Nilai-Nilai Pancasila

Kali ini cerpensabtu akan membagikan Contoh Makalah Nilai-Nilai Pancasila yang dapat bermanfaat bagi Mahasiswa.

Silahkan bisa klik [Download] - Contoh Makalah Nilai-Nilai Pancasila


BAB. I . PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Bangsa dan negara Indonesia terdiri dari berbagai macam unsur yang membentuknya yaitu suku bangsa, kepulauan, kebudayaan golongan serta agama yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuaan.  Setelah melalui proses yang cukup panjang dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia menemukan jati dirinya, yang didalamnya tersimpul ciri khas, sifat dan karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain, kemudian oleh para pendiri negara kita dirumuskan dalam satu rumusan yang sederhana namun mendalam, yaitu Pancasila.
Dalam hidup berbangsa dan bernegara dewasa ini terutama dalam masa reformasi, bangsa Indonesia sebagai bangsa harus memiliki visi serta pandangan hidup yang kuat agar tidak terombang-ambing di tengah-tengah masyarakat internasional. Dengan kata lain bangsa Indonesia harus memiliki nasionalisme serta rasa kebangsaan yang kuat agar setiap generasinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Jadi, secara historis bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila sebelum dirumuskan dan disahkan menjadi dasar negara Indonesia secara objektif historis telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena berdasarkan nilai-nilai yang sudah ada, agar tercipta dan tercermin nilai-nilai Pancasila dalam generasi muda masa kini, perlu dilakukan berbagai cara agar mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap diri generasi muda masing-masing. Sehingga, generasi muda sekarang menjadi teladan bagi generasi-generasi berikutnya.


B.    Rumusan Masalah
1.          Apa itu ketahanan nasional dan nilai-nilai karakter bangsa
2.          Rendahnya Tingkat Kesadaran Ideologi Bangsa
3.        Belum dikembangkannya landasan pedagogis untuk menanamkan kesadaran terhadap nilai-nilai karakter bangsa
4.     Belum adanya kolaborasi antar komponen bangsa dalam upaya menanamkan kesadaran nilai-nilai karakter bangsa


Untuk Mendownload Dokumen Lengkap dari Contoh Makalah Nilai-Nilai Pancasila ini, Silahkan bisa klik [Download] - Contoh Makalah Nilai-Nilai Pancasila

0 Response to "Makalah Nilai-Nilai Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel